Wondene bilih pinuju badhe salulut anggenipun anaji-aji lan angedi-edi ing patrap kapratelaken kados ing ngandap punika : ingkang rumiyin, duk wiwit kagungan karsa badhe apulang asmara lan wanita sakaliyan sami sesucia, inggih punika siram tuwin jamas lajeng ngasta siwur anyiduka toya kaankat celak ing wadana mawi dipundonganana, ananging donganipun kados pundi duk ing jaman kina punika kula boten terang, yen ing jaman samangke inggih katimbang kendel kemawon lowung kaangge minangka gegondhelaning niyat, prayoginipun mawi angucap mkaten : “niyatingsun adus, padusan banyuning tlaga kalkaosar, anuceni sakaliring eroh, kang dumunung ana ing jasad kita, mlebu manik metu inten, cahyake amancur mancorong kadi cahyaning Pangeran Kang Maha Kuwasa”. Ing riku toya siwur wau lajeng kasiramaken ing wadana, lajeng siram ngantos dumugi sucining saliranipun sadaya. Menggah pratingkah siram ingkang mekaten wau jalu lan wanita ing patrap sami kemawon boten aprabeda. (pupuh 26).
Sedangkan ketika ingin memuja-muja dan mengindahkan tingkah laku, akan dijelaskan seperti di bawah ini : Pertama, mulai dari punya keinginan senggama dengan wanita, semua harus suci. Harus mandi keramas, lantas mengambil gayung berisi air dan diangkat di dekat muka dengan berdoa. Tetapi bagaimana doa ketika jaman dahulu itu saya kurang jelas, namun jika jaman sekarang ya daripada diam saja lebih baik dijadikan niat, dan sebaiknya mengucapkan demikian; “Niatku mandi, tempat mandi telaga kalkaosar, mensucikan segala darah, yang berada dalam tubuh kita, masuk manik keluar intan, cahayaku bersinar seperti sinar cahaya Tuhan Yang Maha Kuasa”. Air yang berada di dalam gayung tersebut lantas disiramkan ke wajah dan dilanjutkan mandi sampai semua badan menjadi suci baik untuk laki-laki maupun perempuan.
As for when to praise and ignore behavior, will be described as below: First, from intercourse with women have the desire, all must be pure. Must wash bath, then took a dipper of water and raised near the front to pray. But how such ancient prayer when I was less clear, however, if yes than today better be silent intention, and thus should say: "my intention bath, bathing lake kalkaosar, purify the blood of all who are in our body, it makes bead out the diamond, light is shone like rays of light of God Almighty. "Water in the bucket is then poured over the face and continued showers until all bodies to be holy both for men and women.
Berikut adalah ajaran mengenai konsep seks dari segi cara memulai sebuah hubungan seksual yang benar. Proses penyatuan antara dua manusia baru adalah sesuatu yang sakral dan sangat penting untuk disiapkan dengan sebaik-baiknya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan diri dengan cara mandi. Mandi dalam konteks ini bukan hanya demi kenyamanan fisik belaka, tetapi dengan cara-cara tertentu dengan maksud untuk membersihkan jiwa dan batinya juga. Mandi harus disertai dengan niat yang baik serta doa, dengan tujuan untuk membersihkan segala kotoran (jasmani dan rohani) serta meniatkan sesuatu yang baik dalam hati. Dengan demikian diharapkan dalam melakukan hubungan seksual, keduanya (laki-laki dan perempuan) berada dalam keadaan bersih dan suci sehingga benih yang muncul nanti adalah merupakan buah dari perbuatan yang telah disucikan.
Here is the teaching of the concept of sex in terms of how to start a sexual relationship right. The process of unification between the two new people is something sacred and very important to be prepared as well as possible. The first thing to do is to cleanse himself by bathing. Bathing in this context is not just for the sake of mere physical comfort, but in certain ways in order to cleanse the soul and heart well. Bathing should be accompanied by good intentions and prayers, in order to clean all the dirt (physical and spiritual) and the intention of something good in the heart. It is expected in sexual intercourse, both (male and female) are in a clean and pure so that the seeds that appear later are come from the action that has been purified.
Ing sasampunipun rampung sesuciya siram jamas lajeng sami angadi-adi warna, kinarya sarana pangundhaning asmara, liripun menggahing pratingkah sami busana ingkang sarwa pantes, sarta angeganda wida, sasmpunipun samekta ing sakaliyan lajeng reruntunan sami malebet ing papreman, tegesipun malebet dhateng ing panglereman utawi dununging pakendelan, inggih punika pasareyan, ing riku priya lajeng angrakit pamasaning aji kamajaya dumunung amung winaos wonten salabeting batos kajarwakaken kados ing ngandhap punika : ….. Pupuh 26)
Setelah selesai bersuci mandi keramas (jamas) lantas berpakaian yang rapi untuk mengundang nafsu yang intinya tingkah laku dengan berpakaian yang pantas dan memakai wangi-wangian. Setelah semuanya selesai, lantas bersama-sama masuk ke tempat untuk tidur, maksudnya masuk ke ranjang, atau tempat istirahat yaitu ketempat tidur. Di situ, laki-laki memasang aji kamajaya yang diucapkan dalam hati.
After completion of purification bath wash (jamas) then dressed neat to invite lust core behavior with appropriate dress and wear perfume. Once all that is done, then together into a place to sleep, that go to bed, or place of rest is to bed. There, men put aji kamajaya pronounced in the heart.
Setelah membersihkan diri, maka ajaran selanjutnya adalah mengenai cara dan bagaimana cara dan tindakan yang tepat untuk memulai kegiatan sakral tersebut. Pertama, untuk membangkitkan hasrat maka masing-masing harus merias diri dengan berdandan dan memakai wewangian. Setelah itu, harus pula diperhatikan tempat melakukan kegiatan tersebut dan tidak diperbolehkan dilakukan di sembarang tempat.
After cleaning up, then the next step is teaching about how and how and appropriate action to initiate such a sacred activity. First, to arouse desire then each should apply himself to dress up and wear fragrances. After that, it should also be considered where such activities and are not allowed to be done in any place.
Wondening sang wanita ingkang rumiyin ugi muntu pangesthi sedya dumunung ing Betalmukadas, tegesipun niyat anjumenengaken kahanan salebeting puraya pasucian, dumunung ing baga. Ingkang kaping kalih, lajeng amusthi nesthi pambukaning aji asmara nala, tegesipun senseming manah, inggih punika wahananing birahi, tegesipun wiji, dumunung ing purana. Ingkang kaping tiga, kaping sekawan, kaping gangsal, kaping nenem, dumugi pitu, mboten aprabeda kados pamusthining kakung wau. Ing sasampunipun samekta pangruktining sakaliyan, lajeng sami kakaron sih, andumugekaken karsa, dene patrap lan pratingkah tumanduking pulang asmara, saestunipun bab makaten punika kadamel pipingitan, sinten ingkang saged uninga amung kinten-kinten yen anithik lelabuhanipun, wiwit duk murwani wau dumugining ngendhon kados inggih sae, liripun bok manawi inggih kados caraning manungsa, sarta boten angicalaken ing tata krami, kados-kados bok manawi inggih punika ingkang kasebut anggendam langening pramana, ambuka kahananing atma, ingkang badhe pinurwaning wicaksana. Ing sasampunipun salulut, sakaliyan medal saking papreman, lajeng samya asiram jamas malih, menggah solah lan pratingkah boten prabeda kadi patraping siram duk ngajeng wau, amung donga sarananipun kantun angurapa makaten “suku asta winengku ing solah bawa, solah bawa winengku ing driya, driya winengku ing Hyang Praman, andadekakna adus ing suci santosaning roh kang ana ing badan kita”. (pupuh 26)
Sedangkan sang perempuan, pertama juga berniat bersedia berada di Betalmukadas, artinya menahan mendiamkan keadaan di dalam kerajaan kesucian, berada di baga. Yang kedua lantas berniat membuka aji asmara nala, artinya pesona hati, itulah wahana birahi, artinya nafsu senggama, tumbuh menjadi purba, artinya benih berada di purana. Yang ketiga, keempat, kelima, keenam, dan seterusnya hingga ketujuh tidak berbeda dengan laki-laki. Setelah selesai menjalani semua lantas keduanya bermain cinta, mendatangkan karsa, sedangkan segala tingkah polah dalam bersenggama, sebenarnya bab ini merupakan rahasia, siapa yang bisa mengetahui kira-kira jika menandai penempatan mulai dari atas yang awal tadi sampai sekarang itu sangat bagus, intinya seperti cara manusia, serta tidak menghilangkan tata krama, mungkin seperti inilah yang disebut pesona keindahan praman, membuka keadaan atma, yang akan menjadi kebijaksanaan. Sesudah bercinta keduanya keluar dari tempat tidur, lantas mandi jamas lagi, sedangkan tingkah laku atau tata caranya tidak berbeda dengan cara mandi yang seperti diatas tadi tetapi doa permintaannya seperti berikut : “Kaki dan Tangan berada dalam tingkah laku, tingkah laku berada dalam hati, hati berada dalam Hyang Praman, menjadikan mandi suci sentosanya ruh yang abadi di badan kita”.
As for the women, also intends to first be willing Betalmukadas, that hold mute state in the kingdom of holiness, is in baga. The second one then intends to open nala love aji, meaning heart charm, a vehicle that is lust, lust means intercourse, grew into early, meaning the seeds are in purana. The third, fourth, fifth, sixth, seventh, and so on until no different than men. After finishing the all and then they make love, bring intention, whereas all the doings of the sex, it's actually a secret chapter, who can know about placement when marking an early start on this until now it was very nice, the point the way humans, and does not eliminate manners, perhaps as it is called enchanting beauty praman, open state of atma, that would be wisdom. After sex they get out of bed, then shower jamas again, while the behavior or of procedures not unlike the way a bath as above was but a prayer request as follows: "Feet and Hands are in the behavior, behavior is in the heart, heart are in Praman Hyang, making holy bath halycon eternal soul in our body. "
Selain laki-laki, sang perempuan juga harus menyiapkan beberapa hal yang intinya hampir sama dengan laki-laki. Ada beberapa tahap pembukaan yang dilakukan secara perlahan-lahan yaitu “pesona” atau daya tarik dari masing-masing indra kemanusian yang dimiliki hingga nantinya muncul “karsa” atau kehendak yang mantap untuk berhubungan seksual. Cara berhubungan sesual yang baik pada intinya adalah untuk saling mengerti keinginan masing-masing, serta untuk senantiasa mengingat tata krama, yaitu berhubungan dengan cara-cara yang etis serta manusiawi. Setelah melakukan hubungan seksual maka diajarkan tindakan yang tepat yaitu mandi dengan cara yang sama dengan yang dilakukan sebelum melakukan kegiatan tersebut, dengan doa yang sedikit berbeda. Tujuan dari tindakan mandi setelah berhubungan seks adalah untuk mensucikan diri masing-masing dan juga membersihkan diri. Doa yang dipanjatkan pada intinya memohon kepada Tuhan agar apa yang telah dilakukan dapat disucikan serta membawa hasil yang baik.
In addition to men, the women also have to prepare some things that essentially is almost the same as men. There are several stages of the opening is done slowly is "Charm" or the attractiveness of each of the senses of humanity held until later appeared "intention" or desire for sexual intercourse steady. How good conformity relates in essence to each individual to understand their needs and to always remember manners, that relate to the ways that ethical and humane. After having sex then taught appropriate action is bathing in a way similar to that done prior to the event, with a prayer a little different. The purpose of the act of bathing after sex is to purify themselves each and also cleaned up. Prayers are being said in essence, asking the Lord to what has been done can be purified and bring good results.
….lan sumurupa mungguh tumitah ana alam donya iki binasakake mung mampir ngobe (bae)…. (pupuh 29)
Ketahuilah bahwa manusia yang ada di alam dunia ini diibaratkan hanya mampir minum….
Know that people in the world is like just stopped drinking ....
Dalam konteks ajaran hubungan seksual, haruslah tetap diingat bahwa kehidupan hanya merupakan sesuatu yang sementara seperti ibarat orang yang melakukan perjalanan jauh dan hanya mampir untuk minum. Maka dari itu, janganlah melakukan hubungan seksual hanya karena kesenangan dunia saja yang sifatnya sementara, tetapi harus dipikirkan juga mengenai pertanggung jawabannya kepada Tuhan dalam perjalanan kehidupan yang selanjutnya.
In the context of sexual teachings, must keep in mind that life was just something temporary like like people who travel a lot and just stop by for a drink. Therefore, do not have sex just for pleasure world are temporary, but to think also about the accountability to God in the next life journey.
….caritaning dalil dawuhing Pangeran, wajida-wajidahu, tegese : sing sapa temen katemenan, mungguh surasaning…. (pupuh 29)
Apakah anda belum pernah mendengar cerita dalil sabda Tuhan, wajida-wajidahu, artinya : siapa yang sungguh-sungguh akan mendapatkan hasil…..
Whether you have never heard stories postulate word of God, wajida-wajidahu, means: who is really going to get the results .....
Ada suatu ungkapan yaitu wajida wajidahu yang artinya siapa yang sungguh-sungguh akan mendapatkan hasil. Maksudnya disini adalah dalam hubungannya mengenai konsep seks maka ungkapan tersebut bermaksud untuk menyampaikan bahwa hubungan seksual harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan hasil yang baik.
There is a phrase that means the wajida wajidahu who would actually get results. The point here is in relation to the concept of sex then the phrase is meant to convey that sexual relations should be implemented in earnest in order to get good results.
Demikian cuplikan dalam Serat Nitimani berisi ajaran mengenai konsep seks dalam budaya jawa. Ajaran tersebut merupakan sistem nilai budaya Jawa yang landasannya adalah konsep religi yaitu masalah hubungan manusia dengan Tuhan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa segala aspek dalam kehidupan orang Jawa, termasuk dalam hal seks pasti berujung kepada masalah antara manusia dengan Tuhan. Seks dalam budaya Jawa bukan hanya merupakan sarana untuk melampiaskan hawa nafsu dan sekedar bersenang-senang akan tetapi sampai kepada pengertian bahwa hubungan tersebut adalah suatu ikatan resmi antara laki-laki dan perempuan sebagai pasangan suami isteri yang harus dapat dipertanggungjawabkan kepada Tuhan. Dalam hal ini, dapat dikatan bahwa seks merupakan kegiatan yang dianggap suci dan sakral karena hasil dari perbuatan tersebut adalah menghasilkan manusia baru. Lahirnya manusia di dunia harus dipersiapkan sebaik mungkin termasuk dari awal proses penciptaannya. Hal tersebut dimaksudkan agar anak yang akan lahir nanti berasal dari proses awal yang jelas sehingga dapat mengetahui tujuan hidupnya dengan jelas pula. Konsep mengenai asal dan tujuan hidup manusia merupakan konsep dasar dari apa yang menjadi kepercayaan manusia Jawa. Bahwa ajaran seks merupakan gerbang awal manusia untuk memahami dua konsep utama dalam relegi budaya Jawa yaitu konsep sangkan paraning dumadi dan konsep manunggaling kawula-Gusti. Jadi, ajaran seks dalam Serat Nitimani bertujuan untuk memberikan pedoman moral, nilai dan kaidah bagi orang Jawa tentang bagaimana cara melakukan hubungan seks dengan cara yang benar dan tepat (bener lan pener), karena pada akhirnya apa yang menjadi hasil dari perbuatan tersebut berhubungan dengan asal kehidupan serta tujuan hidup yang utama yaitu kembali ke Tuhan.
Similarly footage in Serat Nitimani contains teachings on the concept of sex in Javanese culture. Doctrine is a Javanese cultural value system that foundation is the concept of religion that is the problem of human relationship with God. It can be concluded that all aspects of the life of Java, including the sex certainly lead to problems between man and God. Sex in Javanese culture is not just a means to vent my desires and just have a good time but come to the understanding that the relationship is a formal bond between man and woman as husband and wife who should be accountable to God. In this case, it can dikatan that sex is an activity that is considered holy and sacred as a result of these actions is to produce a new human being. The birth of people in the world to be prepared as possible including the beginning of the process of creation. It is intended that the child to be born is derived from the outset a clear process so as to know the purpose of life is clearly anyway. The concept of the origin and purpose of human life is a basic concept of what being human trust Java. That the doctrine of human sex is the starting gate to understand two main concepts in the Javanese culture sangkan Paraning dumadi concept and manunggaling kawulo lan gusti concept. Thus, the teaching of sex in serat Nitimani aims to provide a moral compass, values and principles for the Javanese people on how to have sex in the right way and the right (bener lan pener), because in the end what the outcome of such actions related to the origin life and the main purpose of life back to the Lord.
Semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi kita dalam menjalani hidup. Kurang lebihnya mohon maaf.Terima kasih.
Hopefully can add insight and knowledge for us in life. More or less please forgive.Thanks
0 comments :
Post a Comment